Kamis, 22 Maret 2012

HEMATOLOGI

CARA MENGUJI MUTU LARUTAN GIEMSA

Diposkan oleh chitunk abu haidar on Rabu, 13 Juli 2011
Didalam zat warna Giemsa terdapat tiga macam zat yaitu : Eosin, metilin blue dan metilin azur yang masing-masing berwarna merah, biru dan ungu. Cara sederhana dan mudah untuk menguji Giemsa didasarkan atas ada tidaknya ketiga zat warna tersebut ketika diuraikan. Giemsa yang baik akan mengeluarkan ketiga warna tersebut.
Untuk mengujinya kita hanya memerlukan metil alkohol dan kertas saring ( Whatman No.2), yang dikerjakan sebagai berikut :



  1. Letakan kertas saring mendatar di atas petri disk atau gelas minum; bagian tengah dari permukaan bawah kertas saring tak boleh menyentuh sesuatu.
  2. Teteskan 1-2 tetes Giemsa pada kertas saring tersebut, lalu biarkan sebentar sampai Giemsa meresap dan melebar.
  3. Teteskan 3-5 tetes Metil Alkohol absolut di pertengahan bulatan Giemsa tersebut tetes demi tetes  dengan jarak waktu beberapa detik, sampai garis tengah Giemsa menjadi 5-7 cm.
Jika Giemsa tersebut baik , maka terlihat gambaran sebagai berikut:
  • Pada pinggir paling luar , terdapat lingkaran tipis berwarna merah (Eosin).
  • Setelah itu terdapat lingkaran cincin yang lebar berwarna ungu (metilin Azur).
  • Ditengah terdapat bulatan berwarna biru ( Metilin blue).
Giemsa yang rusak tidak akan mengeluarkan warna ungu atau merah atau keduanya. Jika warna tersebut kelihatan samar-samar berarti Giemsa sudah mulai rusak. Cara menguji seperti ini hanya dipakai untuk memperkirakan mutu Giemsa dan bukan untuk mengganti percobaan pewarnaan dengan sediaan darah, yang dapat menentukan mutu Giemsa secara lebih baik.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar